Teknik Otomasi Industri

Teknik Otomasi Industri SMK Binawiyata Sragen adalah Program keahlian di bidang Otomasi Industri. Bidang tersebut diantaranya adalah: Proteksi Sistem Tenaga Listrik, Pengendali Elektro Hidrolik dan Elektro Pneumatik, Pengendali Elektronik dan PLC. Kompetensi teknik Otomasi Industri ini mempersiapkan siswa agar mampu menguasi Gambar Teknik Listrik dan Elektronika, menguasai pekerjaan mekanik Listrik dan Elektronika, menguji Karakteristik motor dan merawat 1 fasa atau motor 3 fasa, memasang dan mengoperasikan Pengendali Programable Logic Control ( PLC ), memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Elektro magnetik, memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Pneumatik, memasang dan mengoperasikan Sistem Pengendali Elektronika Daya. Salah satu program studi yang memiliki peluang kerja sangat luas di seluruh Industri & Manufacturing.

Otomasi industri saat ini merupakan bagian penting dan hampir digunakan oleh seluruh industri manufacturing dalam kegiatan operasional kerja produksinya. Untuk itu Teknik Otomasi Industri di SMK Binawiyata Sragen merupakan bidang keahlian yang sangat tepat dan sangat dibutuhkan oleh beragam industri manufacturing. Bidang Otomasi Teknik Otomasi pada umumnya dimiliki oleh industri manufacturing kelas menengah dan besar. Artinya Teknik Otomasi yang ada di SMK Binawiyata Sragen nantinya akan dibutuhkan oleh banyak industri manufacturing atau industri yang menggunakan sistem otomasi. Satu hal patut dibanggakan oleh siswa yang belajar di TOI SMK Binawiyata Sragen, Tkenik Otomasi adalah merupakan satu kompetensi yang langka dan sangat diminati oleh dunia Industri.

Sesuai dengan kurikulum Teknik Otomasi Industri SMK Binawiyata Sragen, siswa akan mendapatkan pelajaran mulai kompetensi dasar hingga kompetensi kejuruan. Siswa TOI SMK Binawiyata Sragen akan mempelajarai kompetensi Dasar, yaitu Pengukuran Listrik, Pekerjaan Dasar Elektromekanik dan dengan keahlian teknik Otomasi Industri: Piranti Sensor & Aktuator, Sistem Kontrol Elektromekanik, Sistem Kontrol Elektropnumatik dan Sistem Kontrol Terprogram.

Peluang Teknik Otomasi Industri Pada Dunia Industri

Kebutuhan teknik otomasi industri hampir sama dengan bidang keahlian lain di SMK Binawiyata Sragen, yaitu diperlukan oleh seluruh industri, baik kecil, menengah atau pun besar. Jadi peluang bagi lulusan bidang studi atau keahlian teknik otomasi industri adalah sangat besar dan tidak perlu diragukan. Adapun bidang industri yang membutuhkan bidang teknik otomasi industri diantaranya adalah:

  • Industri Otomotif
  • Industri Permesinan
  • Industri Elektro dan Elektronika
  • Industri Perkapalan (Lifting, gate etc)
  • Industri Alat Berat (Conveyor, Mining Equipment dll)
  • Industri Real Estate (Sistem keamanan, Gate, dll)
  • Dan Industri lainnya, dimana didalam proses kerjanya sangat memerlukan gambar

Tujuan Program Studi Keahlian Teknik Otomasi Industri adalah memberikan bekal kepada peserta didik dengan ketrampilan (skill), pengetahuan (knowledge) dan sikap (attitude) agar berkompeten dalam :

  1. Menganalisis rangkaian listrik
  2. Menggunakan hasil pengukuran
  3. Menafsirkan gambar teknik listrik
  4. Melakukan pekerjaan mekanik dasar
  5. Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
  6. Mengoperasikan sistem kendali berbasis elektromagnetik
  7. Mengoperasikan sistem kendali elektronik
  8. Mengoperasikan sistem kendali digital
  9. Mengoperasikan sistem mikroprosesor
  10. Mengoperasikan sistem kendali elektropnumatik
  11. Mengoperasikan sistem sensor/transducer
  12. Mengoperasikan sistem aktuator dan motor
  13. Mengoperasikan PLC
  14. Mengoperasikan SCADA
  15. Merakit sistem kendali berbasis relay otomasi industri
  16. Merakit sistem kendali elektropneumatik otomasi industri
  17. Merakit sistem PLC otomasi industri
  18. Memelihara sistem kendali elektrik otomasi industri
  19. Memelihara sistem kendali pneumatik otomasi industri
  20. Memelihara sistem PLC/ SCADA otomasi industry